Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Waralaba

emmanuellelambrey

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Waralaba

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Waralaba – Ada banyak pertimbangan dasar yang harus dipertimbangkan ketika Anda berpikir untuk bergabung dengan sistem waralaba. Faktor tersebut mencakup faktor-faktor seperti industri, lokasi, pembiayaan dan kemampuan untuk mengembangkan bisnis di masa depan. Satu keputusan besar lainnya adalah apakah akan membeli lokasi waralaba baru atau yang sedang dijual kembali.

Beberapa orang lebih suka berinvestasi di lokasi waralaba baru. Yang lain menyukai basis pelanggan bawaan dan sekelompok karyawan yang sudah ada dengan waralaba yang ada. Kedua pendekatan tersebut memiliki sisi positif dan negatifnya, dan penting bahwa kandidat waralaba mengetahui perbedaan antara keduanya dan bagaimana melakukan penelitian yang tepat. idnplay

Penjualan kembali adalah bagian normal dari siklus hidup waralaba. Pemilik waralaba datang dan pergi, dan tidak ada yang memiliki bisnis selamanya. Ada lebih dari 700.000 perusahaan waralaba di Amerika Serikat saat ini, jadi pasti ada sejumlah besar penjualan kembali setiap tahun. Jika waralaba yang matang memiliki penjualan kembali secara teratur yang merupakan 10% dari sistem, itu biasanya merupakan tanda kesehatan.

Ada beberapa jenis waralaba yang dijual kembali, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kategori penjualan kembali dan kandidat waralaba apa yang harus diketahui tentang masing-masing.

Fixer-Uppers

Nama itu sendiri menunjukkan bahwa ada beberapa masalah dengan bisnis ini dan mengisyaratkan bahwa mungkin ada tantangan yang terlibat. Ini adalah waralaba yang tidak beroperasi dengan baik dan kehilangan uang. Mereka tidak memiliki banyak nilai dan, akibatnya, kemungkinan besar dapat dibeli dengan harga murah. Terkadang mereka dapat dibeli hanya dengan mengambil kewajiban terkait.

Meskipun pada awalnya harga mungkin menarik, bisnis semacam itu mungkin datang dengan beberapa tanda bahaya bagi pembeli. Situasi ini bisa serupa dengan membeli mobil bekas dengan jarak tempuh yang jauh. Sebelum membeli waralaba semacam itu, tentukan apakah bisnis tersebut dapat diperbaiki dan berapa banyak uang yang diperlukan untuk mengubahnya. Terkadang membutuhkan lebih banyak uang untuk memperbaiki bisnis yang rusak daripada memulai yang baru.

Cash Cow

Ini adalah bisnis yang sangat sukses dan menghasilkan banyak uang. Di permukaan, banyak orang percaya ini adalah waralaba yang ingin mereka beli karena mereka memiliki banyak arus kas. Namun, kelemahan terbesar adalah bahwa bisnis yang sukses ini biasanya dihargai dengan nilai maksimum, dan akan mahal untuk membeli arus kas tersebut.

Ada juga pertanyaan tentang bagaimana mungkin menumbuhkan nilai bisnis seperti itu jika potensi kenaikannya kecil. Di sisi lain, jika arus kas menurun di beberapa titik, itu bisa menjadi akuisisi yang sangat mahal karena nilai bisnis dapat menurun dengan cepat.

Bisnis On-Track

Bisnis ini berada di antara dua bisnis sebelumnya. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin mengembangkan bisnis yang perlu dijual oleh pemiliknya karena alasan tertentu. Sebagai pelatih waralaba. Orang ini menjalankan bisnis yang sukses selama sekitar dua tahun tetapi kemudian perlu menjual karena dia dipanggil untuk tugas aktif di militer dan akan ditempatkan di luar negeri selama beberapa tahun.

Ini adalah bisnis yang ideal untuk dibeli karena mereka sedang tumbuh dan memiliki banyak potensi keuntungan, dan seringkali tersedia dengan harga yang wajar. Namun, karena kombinasi yang menarik itu, bisnis-bisnis ini sulit ditemukan. Meskipun tersedia, menemukan mereka di lokasi terdekat sebagai bagian dari sistem waralaba yang baik dalam industri yang sesuai dengan minat dan keahlian pembeli dapat menjadi tantangan.

Diperlukan Uji Tuntas

Ada plus dan minus dengan semua jenis penjualan kembali waralaba. Keputusan tersebut pada akhirnya bisa bergantung pada tingkat kenyamanan calon pembeli. Apa yang mungkin terlalu mahal atau terlalu berisiko bagi satu orang bisa menjadi peluang sempurna bagi orang lain. Anda perlu melakukan penelitian yang memadai untuk membuat keputusan terbaik.

Banyak orang memfokuskan analisis mereka terhadap penjualan kembali waralaba pada unit individu itu sendiri. Ini termasuk informasi tentang sejarah dan lokasi bisnis, arus kasnya, dan salinan buku sewa dan pelanggan. Ini bisa sangat membantu, terutama ketika mencari alasan mengapa bisnis mungkin gagal dan mempelajari apa yang diperlukan untuk mengubahnya.

Semua riset ini memang perlu, namun seringkali orang lupa bahwa mereka juga harus melakukan due diligence terhadap franchisor. Dalam banyak hal, uji tuntas pada penjualan kembali waralaba sangat mirip dengan lokasi baru. Ini membutuhkan peninjauan dokumen pengungkapan waralaba dan pertemuan eksekutif perusahaan untuk memastikan bahwa kedua belah pihak merasa nyaman dengan kemitraan potensial. Ini juga melibatkan pembuatan laporan laba rugi dan berbicara dengan pewaralaba lain untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sistem dan tingkat kepuasan mereka sebagai pemilik.

Sedangkan item 7 dari FDD (investasi awal) dapat berfungsi sebagai permulaan untuk menentukan harga waralaba, Anda perlu melakukan pekerjaan rumah tambahan untuk menentukan nilai sebenarnya. Bagian dari itu melibatkan berbicara dengan pewaralaba, meninjau informasi keuangan dan data lain yang tidak ditemukan di FDD dan kemudian berkonsultasi dengan seorang akuntan.

Penjualan kembali adalah bagian umum dari evolusi sistem waralaba. Dalam beberapa kasus, mereka dapat menghadirkan peluang bagus di mana Anda dapat mengamankan awal dengan harga yang wajar. Proses menentukan mana yang paling cocok dan memberikan peluang terbesar untuk sukses memerlukan fokus yang cukup besar pada penjualan kembali, sistem waralaba, dan calon pembeli.

September 2022
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Categories